Apr 17 2011


Penampang Jalan

Bismillah……

Setelah sekian lama tidak lagi meng-update blog ini, kali ini saya tertarik untuk sedikit berbagai mengenai penampang jalan. Penampang jalan yang digambarkan secara dua dimensi dapat memberikan informasi mengenai kondisi suatu penggal jalan tertentu kepada orang yang melihat gambar tersebut. Setidaknya dapat memberikan gambaran kondisi sebenarnya dilapangan yang digambarkan dalam bentuk garis atau gambar. Sehingga akan terlihat beberapa komponen pendukung jalan tersebut, seperti adanya lampu penerangan jalan, ada tidaknya pohon, seberapa lebar trotoar ada tidaknya saluran drainase, dan sebagainya. Berikut adalah salah satu contoh penampang jalan yang terdapat di kota Yogyakarta yakni pada jalan Soedirman (Galeria Mall – R.S Bhetesda).

:: Penampang Jalan ::

Nah, diatas adalah sebuah contoh penampang jalan Sudirman di kota Yogyakarta, dalam pembuatan penampang yang perlu diperhatikan adalah tingkat kedetailannya, yaitu meletakan seberapa lebar jalannya, seberapa dalam drainase, seberapa tinggi tiang listrik yang ada dan sebagainya yang diberikan dalam satuan ukuran meter (m).

Penampang jalan mengenal yang namanya RUMAJA (Ruang Manfaat Jalan Jalan), RUMIJA (Ruang Milik Jalan), dan RUWASJA (Ruang Pengawasan Jalan), yang dahulunya bernama DAMAJA (Daerah Manfaat Jalan), DAMIJA (Daerah Milik Jalan) dan DAWASJA (Daerah Pengawasan Jalan).

RUMAJA (Ruang Manfaat Jalan) adalah Ruang yang terdapat pada badan jalan tersebut, yang berbatasan dengan pedestrian atau trotoar, seperti yang terlihat pada gambar diatas.

RUMIJA (Ruang Milik Jalan) adalah Ruang yang terdapat pada pedestrian sisi kiri hingga sisi kanan jalan. atau dari kementrian Pekerjaan Umum menterjemahkannya sebagai jalur tanah tertentu diluar ruang manfaat jalan yang masih menjadi bagian dari ruang milik jalan, yang dibatasi oleh batas ruang milik jalan, yang dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan keluasan keamana penggunaan jalanantara lain untuk keperluan pelebaran ruang manfaat jalan pada masa yang akan datang.

RUWASJA (Ruang Pengawasan Jalan) adalah Ruang yang terdapat dari sempadan antar bangunan sisi kiri dan kanan jalan. atau Ruang tertentu diluar ruang milik jalan yang ada dibawah pengawasan penyelenggara jalan.

Semoga Bermanfaat……

:: Berbuat Bermanfaat ::

38 responses so far




38 Responses to “Penampang Jalan”

  1.   atadroeon 01 Dec 2011 at 10:48 am     Reply1

    nice info, keep posting

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply


1 + eight =